♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 22 Maret 2015

Samuel FB Morse (1791-1872)

Biografi Samuel FB Morse
Samuel Finley Breese Morse adalah nama lengkap Morse. Ia terkenal dengan penemu telegraf dan penemu kode morse. Ia dilahirkan pada tanggal 27 April1791 di Charlestown, luar kota Boston, Massachusetts. Dia juga merupakam seniman yang ulung dan seorang politukus. Dia meninggal di New york, Amerika Serikat, pada tanggal 2 April 1872 saat berusia 80 tahun.




Jasa-Jasa Samuel FB Morse
Pada tahun 1835, Morse membuat telegraf lisrik pertama yang dapat bekerja sempurna. Pada tahun 1837, Morse mendapatkan dua orang teman yang bisa membantu mengembangkan telegrafnya. Mereka adalah Leonard Gale dan Alfred Vail. Mereka membantu Morse untuk membuat model telegraf yang jauh lebih sempurna.

Dengan pertolongan kedua temannya, Morse mengajukan hak paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837. Telegraf itu disertai sebuah sandi yang terdiri dari titik dan garis untuk mewakili angka-angka. Sandi itu dinamakan kode Morse. Selain sandi, Morse juga membuat sebuah kamus untuk menerjemahkan kode Morse menjadi huruf atau angka yang dapat dibaca.

Manfaat Penemuan Samuel FB Morse
Telegraf adalah peralatan telekomunikasi untuk menyampaikan pesan dalam jarak jauh.Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel-kabel tembaga. Selain itu, kode Morse yang digunakan dan dipelajari didunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan, Kode Morse digunakan menggunakan senter atau peluit pramuka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar