♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Kamis, 07 Mei 2015

Galileo Galilei (1564-1642)

Biografi Galileo Galilei
Galileo Galilei adalah seorang ahli astronomi, matematika, dan ahli fisika. Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Italia pada tanggal 15 Februari 1564 dan meninggal di Acetri pada 8 Januari 1642 karena sakit demam. Galileo Galilei belajar matematika pada Ostilio  Ricci, guru di istana Tuscana. 
Ia menulis buku mengenai neraca hidrostatik (1586) dan pusat gaya berat pada benda padat (1589). Karya ini membuatnya terkenal di Italia, dan dia diangkat menjadi dosen di Universitas Padua, Italia.

Penemuan Galileo Galilei
Dosen-dosen universitas di seluruh Italia menganggap ajaran Aristoteles dan Ptolemeus paling benar. Aristoletes mengatakan bahwa benda berat jatuh lebih dulu ke bumi daripada benda ringan.

Untuk membuktikan pendapat Ptolemeus dan aristoteles, Galileo Galilei menjatuhkan benda dengan berat dan ukuran yang berbeda-beda dari menara pisa. Percobaan ini disaksikan oleh para mahasiswa dan para ilmuwan. Ternyata, benda-benda itu jatuh bersamaan di bumi. Dengan itu, terbukti bahwa teori Aristoteles tentang benda jatuh adalah keliru.

Meskipun Galileo Galilei bukan pembuat teleskop yang pertama kali, tetapi ia telah menyempurnakan alat tersebut. Ia menjadi orang pertama yang memakainya untuk mengamati langit. Teleskop yag dibuatnya pertama kali mempunyai pembesaran 3x dan kemudian dia membuat model-model yang bisa mencapai pembesaran 32x. Pada tanggal 25 Agustus 1609, ia mendemontasikan teleskopnya. Para pedagang Italia memanfaatkan teleskopnya untuk keperluan pelayaran.

Dengan teleskopnya, Galileo Galilei dapat membuktikan bahwa pendapat Arsitoteles Ptolemeus tentang benda-benda angkasa beserta susunannya juga salah. Galileo Galilei memihak dan mendukung teori copernicus yang menyatakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar