♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 01 Maret 2015

Al-Khawarizmi (770 M)

Biografi al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi adalah ilmuwan yang terkenal. Ia adalah seorang matematikawan, astronom, dan ahli geografi. Beliau dilahirkan sekitar tahun 770 di Bukhara, sebuah kota kecil sebelah selatan sungai Oxus di Persia.

Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Ahawizmi, dan lain-lain.




Jasa-Jasa al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi membuat karya yang sangat banyak. Di bidang geografi ia membuat bola dunia, lengkap dengan perhitungan keliling bumi.

Dibidang matematika,ia membuat kitab yang berjudul al-Jabr wa al-Muqabilah. Kitabnya itu kelak menjadi rujukan utama ilmu aljabar diseluruh dunia. Beliau pernah memperkenalkan angka-angka India dan cara-cara perhitungan india pada dunia Islam.

Beliau jugalah yang memperkenalkan angka 0 pertama kali. Angka 0 adalah angka yang terakhir ditemukan. Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh yang pertama kali memperkenalkan aljabar dan hisab. Beliau belajar banyak pengetahuan dibidang matematika dan menghasilkan konsep-konsep matematika yang begitu populer, yang masih digunakan hingga saat ini.

Al-Khawarizmi mengembangkan konsep algoritma dalam matematika. Oleh karena itu, dia disebut sebagai bapak ilmu komputer oleh beberapa orang. Algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.Algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputer/informatika.


Al-Khawarizmi juga menyusun kitab tentang astronomi. Dia telah menciptakan pemakaian pemakaian Secans dan Tangen dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi. Karena kepakarannya, Al-Khawarizmi dipercaya untuk memimpin perpustakaan khalifah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar