♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 28 Februari 2015

Jabir Ibn Hayyan (721-815)

Biografi Jabir Ibn Hayyan
Jabir Ibn Hayyan dikenal sebagai The father of modern chemistry atau bapak ilmu kimia modern.

Jabir adalah seorang musim yang ahli dibidang kimia, farmasi,fisika, filsufi, dan astronomi. Ilmuan yang juga ahli farmasi itu dinobatkan sebagai renaissance man (manusia yang mencerahkan).
Beliau mempunyai nama lengkap Abu Musa Jabir Ibn Hayyan. Oleh orang-orang eropa,Jabir Ibn Hayyan lebih dikenal dengan nama Gebe. Dia lahirkan di Tus, Iran pada tahun 721 M dan meninggal di Kufah, Iraq pada tahun 815 M. 


Jasa-Jasa Jabir Ibn Hayyan
Jabir Ibn Hayyan menemukan banyak zat kimia, diantaranya asam klorida, asam nitrat, asam sitrat, asam asetat, dan larutan aqua regia (larutan asamklorida dan asam nitrat) untuk melarutkan emas. Selain menemukan zat kimia, ia juga menemukan beberapa teknik dalam ilmu kimia, diantaranya adalah teknik distilasi dan teknik kristalisasi.

Dalam bidang kimia terapan, ia menerapkan ilmu kimia kedalam proses pembuatan besi dan logam lainnya. Ia juga menemukan formula pencegah karat pada logam.

Jabir Ibn Hayyan layak disebut sebagai The father of Modern Chemistry karena menemukan banyak dasar ilmu kimia. Dialah yang pertama menggunakan mangandioksida pada pembuatan gelas kaca. Jabir Ibn Hayyan juga pertama kali mencatat bahwa pemanasan wine akan menimbulkan gas yang mudah terbakar. Hal inilah yang kemudian memberikan jalan ar-Razi untuk menemukan etanol.

Ia merumuskan tiga tipe berbeda dari zat kimia berdasarkan unsur-unsurnya:
1.  Air (spiritus)
2.  Logam, seperti emas, perak, timah, tembaga, dan besi
3.  Bahan campuran, yang dapat dibubuk bubuk

Manfaat Penemuan Jabir Ibn Hayyan
Kimia membuat dunia menjadi indah dan menyenangkan. Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Pembuatan asam anorganik yang telah ditemukan jabir telah memberikan arti penting dalam sejarah kimia. Dengan ilmu kimia, kita dapat mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dapat mengerti kebutuhan hidup manusia, serta mengerti berbagai gejala alam yang kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pesan
Dia memiliki kebiasaan mengakhiri uraian suatu eksprimen dengan menuliskan:
“saya pertama kali mengetahuinya melalui tangan dan otak saya, saya menelitinya hingga sebenar mungkin, dan saya mencari kesalahan yang mungkin masih terpendam.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar