♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 27 Februari 2015

Ts’ai Lun (sekitar 105 SM)

Biografi Ts’ai Lun
Jarang orang mengenalnya. Padahal, Ts’ai lun mempunyai sumbangan yang amat besar bagi dunia. Ts’ai lun adalah penemu kertas. Ts’ai lun hidup dimasa dinasti han, sekitar 105 SM. Semasa hidupnya, ia menjabat sebagai pejabat di pengadilan Imperial Cina.








Jasa-Jasa Ts’ai Lun
Catatan Cina tentang penemuan ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han. Alkisah, Ts’ai lun mempersembahkan contoh kertas kepada kaisar Ho Ti. Di Cina, sebelum masa Ts’ai lun, buku dibuat dari bambu. Sedangkan di negara Barat pada waktu itu, buku terbuat dari kulit domba atau kulit anak sapi.

Ts’ai lun meningkatkan teknologi pembuatan kertas dari serat wijen. Alat untuk membuat kertas menggunakan kayu, bambu, kulit kayu, dan kain lusuh. Teknik ini disimpan sebagai rahasia pembuatan kertas selama berabad-abad di Cina.



Kertas mulai menyebar di Arab pada tahun 751 M. Saat terjadi peperangan, beberapa pembuat kertas Cina ditangkap oleh orang Arab dan kemudian kertas diproduksi di Timur Tengah, seni pembuatan kertas secara bertahap menyebar ke Eropa karena orang-orang Eropa belajar seni pembuatan kertas dari orang-orang Arab. Sehingga, kertas menjadi bahan tulisan yang paling umum di seluruh dunia.

Manfaat Penemuan Ts’ai Lun

Kertas bermanfaat sebagai sarana untuk menulis dan bertukar informasi maupun pemberi informasi. Kertas dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat buku, surat, majalah, koran, amplop, undangan. Dengan ditemukannya kertas, manusia semakin mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar