♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 20 Maret 2015

Edward Jenner (1749-1823)

Biografi Edward Jenner
Edward Jenner adalah dokter dari daerah perdesaan Inggris di Berkeley, Gloucestershire, Inggris. Jenner terkenal karena memperkenalkan dan mengembangkan teknik vaksinasi cacar air. Jenner dilahirkan tahun 1749, di kota kecil Berkeley di Cloucestershire, Inggris pada tanggal 17 Mei 1749.
Sejak berumur 12 tahun, Edward Jenner sudah menjadi asisten ahli bedah. Kemudian Jenner belajar ilmu anatomi dan kemudian bekerja di sebuah rumah sakit. Tahun 1792, Jenner lulus sekolah kedokteran di Universitas st. Andrew. Diusianya yang menginjak puluhan tahun, Edward Jenner sudah menjadi dokter ahli bedah yang sangat termasyhur di Goncestershire.

Jasa-Jasa Edward Jenner
Edward Jenner adalah orang yang berjasa mengembangkan dan mempopulerkan teknik vaksinisasi untuk mencegah penyakit cacar. Cacar begitu mudahnya menular sehingga sebagaian besar orang Eropa terkena penyakit cacar ini dalam masa hidupnya. Penyakit ini bukan saja mengerikan, tetapi juga mematikan. Pada masa itu, 10-20% orang yang terkena penyakit ini meninggal dunia.

Manfaat Penemuan Edward Jenner
Vaksin ialah suatu bahan yang terbuat dari kuman atau racun yang telah dilemahkan atau dimatikan. Pemberian vaksin cacar akan merangsang tubuh untuk membuat antibodi. Pemberian vaksin membuat tubuh tahan terhadap serangan virus cacar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar