♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 12 April 2015

John Dalton (1766-1844)

Biografi John Dalton
John Dalton adalah seorang fisikawan dari Inggris. Dia lahir di Eaglesfield pada tanggal 6 September 1766 dekat Cockermouth di Cumberland. Ia terkenal karena teorinya tentang “atom”. Dalam buku yang berjudul New Sistem of Chemical Philosophy, John Dalton menyebutkan tentang bagaimana bentuk atom.






Jasa-Jasa John Dalton
Menjelang tahun1804, John Dalton merumuskan teoti atom dan membuat daftar berat atom. Bukunya yang paling terkenal berjudul A New System of Chemical Philosophy terbit pada tahun 1808. Buku itu terkenal karena berisi tentang teori atom. John Dalton menyatakan bahwa setiap benda terdiri dari atom-atom yang tidak dapat diuraikan lagi. Setiap unsur terdiri dari atom-atom yang berbentuk senyawa. Senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur menyatu dengan komposisi yang tetap.

Manfaat Penemuan John Dalton
Dalam perkembangan sains, teori atom Dalton dianggap tidak berlaku lagi, namun tetap dianggap sebagai pencetus teori atom modern. Di awal abad ke-19, John Dalton-lah ilmuwan yang pertama kali dapat menjelaskan teori atom kedunia ilmu pengetahuan. Atas jasanya ini, Dalton telah mendorong kemajuan besar dibidang sains sejak saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar