♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Rabu, 11 Maret 2015

Ibnu Batutah (1304-1369)

Biografi Ibnu Batutah
Dialah Ibnu Batutah. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ibrahim at-Tanji. Gelarnya adalah Syamsudin bin Batutah. Ia adalah keturunan Arab yang lahir didaerah Tanger, Maroko. Dia dilahirkan pada tanggal 25 Februari 1304. Ketika berusia 21 tahun, Ibnu Batutah telah memulai mengadakan perjalanan yang panjang mencakup wilayah seluas 120.700 km2, selama 30 tahun.
Ibnu Batutah dianggap sebagai pelopor penjelajah di abad 14 yang belum tertandingi. Ibnu Batutah memiliki hobi mengunjungi banyak negara didunia untuk mengenal manusia dengan berbagai latar belakang dan budaya. Ibnu Batutah meninggal pada tahun 1369 di kota Fez, Maroko.

Jasa-Jasa Ibnu Batutah
Ibnu Batutah banyak melihat peristiwa yang belum pernah dialami dinegaranya, termasuk perilaku penduduk asli suatu daerah, adat istiadat, serta mendapati berbagai mam flora dan fauna.

Diperkirakan, Ibnu Batutah menempuh perjalanan sejauh 75.000 mil dengan mengelilingi hampir 44 negara selama 30 tahun. Perjalannya meliputi berbagai negara didunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, Ibnu Batutah pernah singgah di Sumatera. Kisah perjalannya ke pulau Sumatera sangat bernilai oleh para sejarawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar