♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Rabu, 11 Maret 2015

Ibnu Zuhr (Avenzoar) (1091 M-1161 M)

Biografi Ibnu Zuhr
Ibnu Zuhr mempunyai nama lengkap Abu Marwan bin Abdul Mulk bin Abu Abu al-A’la Zuhr bin Muhammad bin Marwan bin Zuhr al-Iyadi. Ibnu Zuhr lahir di Seville, Spanyol pada tahun 1091 M. Ia dikenal sebagai dokter, apoteker, ahli bedah, sarjana islam, dan seorang guru.




Jasa-Jasa Ibnu Zuhr
Ibnu Zuhr adalah dokter Muslim yang mengkaji dan menguasai pengobatan penyakit jaman keemasanya Islam. Ia menulis sebuah kitab berjudul kitab al-Taysir. Kitab ini menjelaskan pengobatan penyakit pericarditis.

Ibnu Zuhr dikenal sebagai dokter yang unik. Ia mengembangkan ilmu kedokteran didasarkan dari percobaan ilmiah. Ibnu Zuhr juga merupakan dokter pertama yang memanfaatkan binatang sebagai ‘kelinci percobaan’. Ibnu Zuhr mampu menemukan beberapa penyakit yang tak diketahui sebelumnya, seperti penyakit paru-paru.
Yang lebih memukau lagi. Ibnu Zuhr merupakan dokter pertama yang menggunakan jarum suntik untuk memberikan makanan buatan bagi pasiennya. Sang dokter dari Spanyol itu juga merupakan orang pertama yang berhasil mengungkapkan nilai gizi yang terkandum dalam madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar