♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Selasa, 24 Maret 2015

James Clerk Maxwell (1831-1879)

Biografi James Clerk Maxwell
James Clerk Maxwell lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 13 Juni 1831. Fisikawan Inggris ini ini terkenal karena hukum listrik dan magnet. Pada saat usianya 15 tahun, dia sudah mampu membuat karya ilmiah untuk Universitas Edinburgh. Dia meninggal dunia tahun 1879 akibat serangan kanker, tak lama setelah ia merayakan ulang tahunnya yang ke-48.





Jasa-Jasa James Clerk Maxwell
James Clerk Maxwell adalah fisikawan yang pertama kali menulis hukum magnet dan listrik dalam rumus matematis pada tahun 1864, ia membuktikan bahwa gelombang elekromagnetik ialah gabungan dari medan listrik dan magnetik. Maxwell mengatakan bahwa cahaya ialah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Radiasi ini terdiri dari gelombang radio, cahaya tampak, dan x-ray.

Manfaat Penemuan James Clerk Maxwell
Pemanfaatan gelombang elektromagnetik sangat luas dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan gelombang elektromagnetik tersebut terutama untuk keperluan telekomunikasi. 

Berikut ini akan diuraikan secara khusus tentang pemanfaatan gelombang mikro.
  1. Pemanasan : Microwave/oven yang sehari-hari kita pakai untuk memanaskan makanan merupakan salah satu pemanfaatan gelombang elekromagnetik.
  2. Telekomunikasi : Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik.
  3. Radar dan Navigasi : Radar juga menggunakan gelombang mikro untuk mendeteksi suatu benda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar