♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Senin, 23 Maret 2015

Louis Pasteur (1822-1895)

Biografi Louis Pasteur

Penemu pasteurisasi adalah Louis Pasteur yang lahir pada tanggal 27 Desember 1822 di kota Dole, bagian timur Perancis. Dia adalah seorang ahli biologi yang mempunyai jasa besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Selain menemukan Pasteurisasi, Louis Pasteur juga menemukan vaksin rabies. Dia meninggal tanggal 28 September 1895 pada umur 72 tahun.





Jasa-Jasa Louis Pasteur
Selama 2 tahun, Pasteur melakukan penelitian tentang fermentasi, yaitu proses untuk menghasilkan alkohol dari gula, yang juga menyebabkan susu menjadi asam. Pasteur membuktikannya bahwa fermentasi terjadi hanya bila ada makhluk hidup kecil yang disebut mikroba. Bila ada mikroba yang cocok, akan diperoleh hasil yang diharapkan. Namun mikroba yang tidak cocok akan membuat susu menjadi asam atau anggur menjadi pahit. Temuan Pasteur ini membantu terbentuknya cabang ilmu baru yang disebut “mikrobiologi”.

Penemuan pribadi Pasteur lainnya yang paling terkenal adalah pengembangan teknik penyuntikan terhadap manusia untuk mencegah penyakit rabies (anjing gila) yang sangat ditakuti waktu itu.

Manfaat Penemuan Louis Pasteur
Percobaan Pasteur berhasil membunuh sebagian besar mikroba tanpa mengubah aroma anggur. Pasteur sangat gembira karena ternyata proses ini selain mencegah susu menjadi asam, juga bisa mengawetkan banyak jenis makanan lain. Teknik pasteurisasi sekarang banyak dimanfaatkan pada industri makanan dan minuman.

Pada waktu itu, orang yang digigit oleh anjing gila akan menderita penyakit yang disebut hidrofobia. Suntikan vaksin rabies yang ditemukan Pasteur tidak hanya mencegah, tetapi juga mengobati penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar