♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 15 Maret 2015

Johannes Gutenberg (1398-1468)

Biografi Johannes Gutenberg
Johannes Gensfleisch zur Laten zum Gutenberg adalah seorang pandai logam dan pencipta kebangsaan Jerman. Johannes Gutenberg adalah seorang penemu yang berjasa dunia percetakan. Ia mengembangkan penggunaan mesin cetak yang paling sempurna dari generasi sebelumnya, sehingga dianggap sebagai penemu mesin percetakan. 
Johannes Gutenberg lahir di kota Mainz, Jerman, sekitar tahun 1398 dan meninggal tahun 1468 di kota yang sama. Ia adalah putra bungsu dari seorang pedagang kaya bernama Friele Gensfleisch zur Laden.
Jasa-Jasa Johannes Gutenberg
Ia berhasil menggabungkan semua unsur mesin cetak menjadi sistem yang efektif dan produktif. Unsur-unsur yang digabungkan adalah huruf cetak, prosedur penyetelan dan peletakan huruf-huruf yang sempurna, serta penggunaan tinta yang serasi dengan bahan yang digunakan untuk mendapatkan hasil cetakan.

Johannes Gutenberg membuat mesin cetaknya dari campuran timbel, timah, dan antimonium untuk setiap huruf abjad. Untuk mencetak, ia harus meletakkan huruf bersama-sama. Tiap huruf ada dibalok logam dalam sebuah bingkai. Lalu ia memindahkan kertas dan tinta diatasnya, mirip sebuah prangko. Huruf itu akan meninggalkan beberapa tinta dikertas itu.

Manfaat Penemuan Johannes Gutenberg
Mesin temuan Johannes Gutenberg dalam teknologi percetakan dianggap yang paling besar. Ia berhasi menggabungkan semua unsur mesin cetak menjadi sistem yang efektif dan produktif. Produksi buku dan bahan cetakan dapat dilakukan secara besar-besaran dan dalam waktu yang singkat.

Mesin ini dengan mudah mencetak buku sampai reatusan eksemplar. Akibatnya, berita, opini, dan informasi lain dapat menyebar secara cepat keseluruh Eropa. Fenomina ini merupakan bagian terpenting dari fenomina ledakan informasi (information booming)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar