♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 15 Maret 2015

Ibnu Majid

Biografi Ibnu Majid
Nama lengkapnya adalah Shihabuddin Ahmad bin Majid bin Muhammad bin Amir ad-Duwaik bin Yusuf bin Husayn Abi Ma’lak as-Sa’di bin Abi bin ar-Raka’ib an-Najdi. Ibnu Majid yang terlahir di Julphar. Ia adalah seorang navigator ulung dan handal di abad 15.
Berkat kemampuannya, Ibnu Majid menjadi sangat terkenal hingga ke Eropa. Ia bahkan dijuluki singa laut, karena kemampuannya sebagai pelaut yang sangat tangguh dan sangat mengenal seluk-beluk laut.

Jasa-Jasa Ibnu Majid
Ibnu Majid menulis tentang penunjuk pelayaran, seperti pengetahuan tentang jarak tempuh dari satu tempat ketempat lain, perkiraan kecepatan dan arah angin, kondisi medan, serta berbagai kiat yang memudahkan pelayaran. Disamping itu, Ibnu Majid juga menyisipkan rute pelayaran untuk melintasi Laut Merah, Samudera Hindia, dari berbagai kawasan yang berbeda.

Manfaat Penemuan Ibnu Majid
Karya-karya Ibnu Majid memberikan pengaruh luas dalam dunia pelayaran, baik didunia islam, maupun didunia Barat. Karyanya telah memberikan inspirasi dan semangat bagi para pelaut dizamannya untuk melakukan penjelajahan keseluruh dunia. Padahal, sebelumnya sangat sedikit pelaut Arab yang berani mengarungi wilayah yang lebih jauh dari kawasan Laut Merah, Pantai Timur Afrika, hingga Pantai Tenggara atau Sofala, wilayah dekat Madagaskar.

Karya-karya Ibnu Majid telah memberikan banyak tambahan ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan ilmu navigasi. Karya Ibnu Majid adalah panduan yang sangat berguna bagi pelaut yang ingin melayari Laut India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar