♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Senin, 09 Maret 2015

Umar Khayyam (1048-1121)

Biografi Umar Khayyam
Umar Khayyam lahir pada tanggal 18 Mei 1048 di Nishapur, Iran (Parsi) dan meninggal pada 4 Desember 1121. Nama aslinya adalah Ghiyatuddin Abu al-Fatah Omar ibni Ibrahim al-Nisaburi Khayami. Khayyam, dalam bahasa Persia berarti “pembuat tenda”.

Umar Khayyam merupakan tokoh besar asal Persia (Iran). Ia terkenal sebagai ilmuwan, ulama sufi, filsuf, astronom, ahli matematika, bahkan juga seorang pujangga besar.
Ia terkenal dalam bidang aljabar dan trigonometri. Dia juga terkenal bukan hanya karena dibidang ilmiahnya saja, tetapi juga karena keindahan karya-karya sastranya.

Jasa-Jasa Al-Karaji
Khayyam merupakan matematikawan pertama yang menemukan metode umum penguraian akar-akar bilangan tingkat tinggi dalam aljabar, dan memperkenalkan solusi persamaan kubus. Penyair islam ini telah berhasil memecahkan persamaan pangkat tiga dan pangkat empat melalui kerucut-kerucut. Semua itu merupakan ilmu aljabar tertinggi dalam matematika modern.

Ia tidak hanya dikenal lewat karya ilmiahnya, tetapi juga karena karya-karya satranya. Ia diyakini telah menulis sekitar seribu puisi yang masing-masing berisi 400 baris. Dikenal karena karyanya yang berjudul The Rubaiyat of Omar Khayyam yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris oleh Edward Fitzgerald (1809-1883).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar