♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Senin, 09 Maret 2015

Al-Majriti (meninggal 1007 M)

Biografi Al-Majriti
Al-Majriti adalah salah seorang ilmuwan muslim terkemuka. Nama asli beliau Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti. Al-Majriti berarti “dari Madrid. Dia lahir di madrid, Spanyol, dan meninggal pada tahun 1008 atau 1007 M.
Al-Majriti adalah salah satu seorang ilmuan muslim terkemuka. Beliau merupakan ilmuwan Muslim Spanyol yang cemerlang pada zaman Khalifah al-Hakam II yang berkuasa pada 961 hingga 976 Masehi.


Jasa-Jasa Al-Majriti
Banyak sarjana yang menyebutkannya sebagai ahli matematika terbaik. Namanya semakin dikenal karena keahliannya dalam ilmu pembagian warisan.

Al-Majriti menerapkan perhitungan matematika untuk melakukan pengamatan bintang dan mengenalkan tabel astronomi yang dibuat al-Khawarizmi kedunia pengetahuan Barat. Ia menulis risalah matematika yang berjudul al-Mutamalat.

Ia dikenal sebagai orang pertama yang membuktikan prinsip kekekalan massa yang terdapat dalam bukunya Rutbah al-hakim. Hal ini terjadi jauh sebelum ilmuwan yang bernama Lavoisier dari Perancis-yang dianggap sebagai penemu prinsip kekekalan massa-menemukannya. Ia membuktikannya dengan cara memanaskan merkuri selama 40 hari.

Manfaat Penemuan Al-Majriti
Bunyi hukum kekekalan massa adalah massa dapat berubah bentuk tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Hukum kekekalan massa digunakan secara luas dalam bidang kimia, teknik kimia, mekanika, dan dinamika fluida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar