♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 03 April 2015

Blaise Pascal (1623-1662)

Biografi Blaise Pascal
Blaise Pascal adalah penemu mesin hitung. Dia  lahir pada 19 Juni 1623, di Clermont-Ferrand, Perancis. Blaise Pascal memang anak yang cerdas di usia 12 tahun, ia telah berhasil menemukan mesin hitung untuk membantu pekerjaan ayahnya yang bertugas menarik pajak di wilayah Auvergne, Perancis. Dia meninggal pada 19 Agustus 1662, di Paris, Perancis. 
Pada awalnya mesin hitung temuan Pascal tersebut di beri nama Pascaline, alat hitung ini menggunakan roda penghitung yang digunakan untuk menjumlah bilangan. Dengan penemuan tersebut, Pascal mendapat pujian hingga keseluruh Eropa, namun alat hitung tersebut sangat susah diperbaiki bila rusak dan hanya Pascal yang dapat memperbaikinya.

Jasa-Jasa Blaise Pascal
Alat hitung ciptaan Pascal mampu mengoperasikan penambahan, pengurangan dan pembagian dua bilangan sekaligus. Pascal mengutamakan metode re-zeroing untuk mesin hitung temuannya ini. Sehingga ia dapat membuktikan bila mesin hitung ciptaannya tersebut dapat dioperasikan dan dapat berfungsi semuanya, sehingga membuktikan bila mesin hitung ini benar-benar berkualitas.

Mesin hitung ciptaan Pascal menjadi cikal bakal pengembangan mesin hitung serupa. Seorang matematikawan bernama Wilhem Leibniz pada tahun 1646-1716, menilai bila mesin hitung tersebut memiliki banyak kekurangan karena hanya mengoperasikan pengurangan, penambahan dan pembagian saja. Pada tahun 1694, Leibniz mempelajari catatan dan gambar yang dibuat oleh Pascal untuk menyempurnakan alat hitung tersebut sehingga dapat memproses perkalian.

Manfaat Penemuan Blaise Pascal
Mesin hitung atau kalkulator sudah banyak yang menggunakan, mulai dari anak sekolah hingga pedagang. Kalkulator mempermudah kita melakukan perhitungan, namun jarang orang yang mengetahui tentang penemu mesin hitung ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar