♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 13 Maret 2015

Abu Bakar al-Baithar (1193-1248)

Biografi Abu Bakar al-Baithar
Al-Baithar mempunyai nama lengkap Abu Muhammad Abdullah bin Ahmad al-Baithar Dhiaudin al-Malaki al-Andalusi atau Abu Bakar al-Baithar dilahirkan pada tahun 1193 di Malaga, sebelah selatan Andalusia. Dia adalah pengarang buku tentang kedokteran hewan yang pertama dan menyusun buku ramuan berbagai obat-obatan untuk berbagai penyakit.
Beliau adalah sarjana kedokteran hewan, farmakologi, dan botani. Ia belajar ilmu botani dari ahli botani Malaga, al-Abbas al-Nabati.


Jasa-Jasa Abu Bakar al-Baithar
Penemuan ilmiah al-Baithar terdapat dalam ensiklopedia tumbuh-tumbuhan dan tanaman herbal. Buku-bukunya yang terkenal adalah al Mughni fi al-Adwiyah al-Mufradah dan al-Jami’li Mufradat al-Adwiyah wa al-Aghdiyah. Buku tersebut berisi cara untuk mengobati penyakit yang pengobatannya membutuhkan tanaman, hewan, dan mineral. Ia juga dianggap sebagai pelopor pengobatan dengan cahaya ultraviolet. Dia juga berhasil menggunakan serbuk tumbuhan al-Khullah untuk mengobati orang yang mengidap penyakit bintik putih pada kulitnya.

Manfaat Penemuan Abu Bakar al-Baithar
Buku yang ditulis oleh al-Baithar merupakan salah satu pilar ilmu farmasi modern. al-Baithar menjelaskan manfaat dari masing-masing obat, bagaimana membuat obat-obatan dengan cara bahan baku tumbuhan, cara memberikannya ke pasien, dan dosis pemakainya, agar lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar