♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 14 Maret 2015

At-Tusi (1201-1274)

Biografi At-Tusi
At-Tusi adalah ilmuwan asal Persia. Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad ibn Muhammad ibnu al-Hasan Nasiruddin at-Tusi. At-Tusi memiliki banyak nama antara lain, Muhaqqiq at-Tusi, Khuwaja Tusi, dan Khuwaja Nasir at-Tusi. Dia juga dikenal sebagai ilmuwan serba bisa. Ia sangat terkenal di zamannya.
Ia lahir pada 18 Februari 1208 di kota Tus yang terletak di dekat Meshed, Persia (sekarang sebelah timur Laut Iran). Ia adalah astronom yang melakukan penelitian tentang gerakan planet-planet dan membuat model planet, jauh sebelum Copernicus melakukannya. Ia meninggal pada 26 Juni 1274 di kota Baghdad, Irak.
Jasa-Jasa At-Tusi
At-Tusi berjasa dlam membuat observatorium pertama di Malagha. Teknologi yang digunakan di observatorium itu terbilang canggih pada zamannya. Di observatorium yang dipimpinnya itu, at-Tusi berhasil membuat tabel pergerakan planet yang sangat akurat. Sejarah juga mencatat at-Tusi sebagai astronom pertama yang mengungkapkan bukti terjadinya rotasi bumi (pergerakan bumi pada porosnya).

Manfaat Penemuan At-Tusi
Observatorium dibuat at-Tusi memelopori pembangunan observatorium di zaman sekarang. Observatorium menjadi tempat penelitian dan pengembangan astronomi dunia. Observatorium juga berfungsi sebagai tempat yang digunakan untuk mengenalkan ilmu astronomi kepada masyarakat umum. Observatorium dapat digunakan untuk mengamati benda-benda angkasa, seperti planet, bulan, bintang, dan kornet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar