♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 13 Maret 2015

Al-Jazari (1136-1206)

Biografi Al-Jazari 
Nama lengkapnya adalah Ra’is al-A’mal Badi’ al-Zaman Abu al-‘Izz ibn Isma’il ibn al-Razzaz al-Jazari. Al-Jazari lahir di al-Jazira, yang tepatnya di antara sisi utara Irak dan Timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai Tigris dan Efrat. Dia adalah perintis pembuatan robot yang jenius dari Arab abad ke-13.
Al-Jazari juga berhasil menciptakan aneka bentuk robot pada awal abad ke 13 M. Atas dasar itulah, masyarakat sains modern menjulukinya sebagai “Bapak Robot”.

  
Jasa-Jasa Al-Jazari
Al-Jazari menciptakan robot yang berfungsi untuk membantu dan memudahkan tugas manusia. Salah satu robot yang diciptakannya adalah bertujuan untuk menghibur tamu kerajaan dalam suatu acara penjamuan.

Robot lain yang diciptakan Al-Jazari adalah obot yang berfungsi menggantikan tugas pembantu atau pelayan. Robot itu berbentuk air mancur yang keluar dari mulut burung merak. Robot ini membantu orang saat mencuci tangan. Dia akan mengeluarkan air dan menawarkan sabun dan handuk secara otomatis.

Sebagai seorang kepala insinyur kerajaan, Al-Jazari tak hanya mampu menciptakan robot pemain musik, ia pun telah menciptakan karya dalam bidang teknik dan teknologi, diantaranya:
1.    Mesin engkol
2.    Jam
3.    Piston dak Kruk As

Manfaat Penemuan Al-Jazari
Al-Jazari memberikan kotribusi yang sangat penting bagi dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat. Mesin pompa yang dipaparkan dalam bukunya menjadi salah satu karya yang inspiratif. Terutama bagi sarjana teknik dari belahan negeri Barat. Selain itu, mesin engkol merupakan alat yang menjadi inti dari berbagai mesin dalam dunia modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar