♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Rabu, 04 Maret 2015

Abu Bakar ar-Razi (865-925 H)

Biografi Abu Bakar ar-Razi
Ar-Razi adalah ilmuwan kedokteran yang banyak berjasa. Ia adalah ilmuwan yang menemukan penyakit “alergi asma”, dan ilmuwan pertama yang menuliskan tentang alergi dan kekebalan tubuh. Ia juga menemukan pengobatan untuk penyakit cacar.
Nama lengkapnya adalah Abu Bakar ar-Razi. Ar-Razi lahir pada tahun 865 H dan meninggal pada tahun 925 H. Di dunia Barat, ia dikenal sebagai Rhazes



Jasa-Jasa Abu Bakar ar-Razi
Ar-Razi merupakan yang banyak berjasa. Ia orang pertama yang menjelaskan demam sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi diri. Ia menemukan penyakit “alergi asma”, dan ilmuwan pertama yang menulis tentang alergi dan kekebalan tubuh. Ia juga menemukan pengobatan untuk penyakit cacar. Pada bidang farmasi, ar-Razi juga berkontribusi membuat peralatan seperti: tabung, spatula, dan montar. Ar-Razi juga mengembangkan obat-obatan yang berasal dari merkuri.

Manfaat Penemuan Abu Bakar ar-Razi

Montar adalah wadahnya dan pestle adalah penumbuknya yang digunakan untuk menumbuk dan menghaluskan bahan kimia, yang biasanya berasal dari bahan yang padat.

Spatula juga merupakan salah satu alat laboratorium yang dibuat oleh ar-Razi. Bentuknya seperti sendok kecil yang panjang. Fungsi spatula adalah untuk mengambil bahan kimia yang berupa serbuk padat.

Pesan
Dokter tidak mungkin mengetahui jawaban atas segala penyakit dan tidak mungkin bisa menyembuhkan semua jenis penyakit. Namun untuk meningkatkan pengetahuan seorang dokter, ar-Razi menyarankan agar mereka tetap belajar dan terus mencari informasi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar