♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Rabu, 04 Maret 2015

Al-Battani (850-923)

Biografi Al-Battani
Al-Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan yang hebat. Dia menghasilkan sejumlah penemuan penting dalam astronomi, yang merupakan hasil pemikirannya selama 42 tahun. Salah satu penemuannya yang terkenal adalah tentang penentuan tahun matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Al-Battani juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.
Nama lengkapnya adalah Abū Abdullāh Muhammad ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-Sabi al-Battānī. Al-Battani lahir di Harran, Turki pada tahun 850.Al-Battani pertama kali dididik oleh ayahnya- Jabir Ibnu Sin’an al-Battani-yang juga seorang ilmuwan terkenal.

Jasa-Jasa Al-Battani

Selama 42,al-Battani menghabiskan waktunya untuk mengamati masalah astronomi dan menyusun buku yang dikenal sebagai kitab al-Zij (kitab Astronomi). Selain kitab itu, al-Battani juga menulis banyak buku tentang astronomi dan trigonometri.

Al-Battani menemukan sudut sudut kemiringan ekliptik. Kemiringan ekliptik adalah kemiringan poros bumi terhadap garis vertikal tegak lurus, ia menghitung kemiringan ekliptik 23 Derajat dan 35 menit, sangat dekat dengan perhitungan modern yaitu 23 derajat, 27 menit, dan 8,26 detik.

Al-Battani memperkirakan lamanya satu tahun adalah 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 24 detik. Ia menghitung lama perputaran bumi terhadap matahari. Didalam bukunya, al-Battani menjelaskan teorinya tentang gerak matahari, bulan, dan lima planet yang dikenal dengan nama Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Dia juga menentukan orbit planet-planet tersebut dalam mengelilingi matahari. Dia juga membuat katalog daftar bintang-bintang diangkasa.


Al-Battani memperbaiki ilmu hisab, terutama teori tentang orbit bulan dan planet-planet. Kemudian dia mengajukan teori baru untuk menentukan kondisi bulan sabit (hilal). Al-Battani juga menjelaskan bagaimana terjadinya gerhana annular (gerhana cincin).




Manfaat Penemuan Al-Battani
Hasil temuan Al-Battani menjadi pelopor dunia astronomi. Hingga saat ini, para ahli terus meneruskan melakukan penelitian terhadap benda-benda langit, mengamati bentuknya, pergerakannya, posisinya, dan sebagainya. Al-battani juga memberikan gambaran tentang bagaimana sebenarnya rotasi dan revolusi benda-benda angkasa, termasuk bumi kita.

Pesan
Kecerdasan al-Battani bukan semata-mata karena kecerdasan otaknya, namun dia mendapatkan kecerdasan itu karena dia mempunyai semangat belajar yang tinggi. Terbukti, dia menghabiskan waktunya selama 42 tahun untuk penelitian-penelitian dibidang astronomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar