♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Rabu, 04 Maret 2015

Al-Farabi (870-950)

Biografi Al-Farabi
Al-Farabi adalah filsuf besar. Ia dijuluki sebagai guru kedua (The Second Teacher), guru pertama adalah Aristoteles .Al-Farabi juga seorang ahli musik yang hebat. Nama lengkapnya adalah Abu Nashr Muhammad ibn Tasrkhan ibn al-Uzalagh al-Farabi. Al-Farabi lahir di Transoxiana, Uzbekistan.
Al-Farabi lahir sekitar tahun 870 M dan meninggal pada tahun 950 M. Al-Farabi dikenal dengan nama Avennaser atau Alfarabius. Ayahnya adalah orang persia yang menjadi panglima perang Turki, sedang ibunya berasal dari Turki.
Jasa-Jasa Al-Farabi
Al-Farabi adalah filsuf yang hebat. Keahliannya yang paling hebat ialah dalam ilmu mantik (logika). Dialah orang yang memberikan pengaruh ilmu logika kedalam kebudayaan Arab. Karyanya yang paling terkenal adalah Al-Madinah al-Fadhilah (kota atan negara utama) yang membahas tentang pencapaian kebahagian melalui kehidupan politik yang baik.

Selain seorang ilmuwan, Al-Farabi juga seorang seminan. Dia mahir memainkan alat musik. Dia juga menciptakan berbagai instrumen musik dan sistem nada Arab yang hingga kini masih tetap digunakan pada musik Arab. Dia juga menulis kitab al-Musiqa, sebuah buku yang mengupas tentang musik. Bagi Al-Farabi musik juga menjadi sebuah alat terapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar