♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 06 Maret 2015

Abu Qasim az-Zahrawi (936-1013)

Biografi Abu Qasim az-Zahrawi
Az-Zahrawi dikenal sebagai bapak ilmu bedah. Ia memelopori teknik bedah. Dia juga banyak menemukan berbagai peralatan bedah.

Nama aslinya adalah Abul Qasim Khalaf ibn Az-Zahrawi. Dia dikenal oleh orang-orang Eropa nama Abulcasis. Dia merupakan salah satu tokoh bidang kedokteran pada abad pertengahan.
Az-Zahrawi lahir pada tahun 936 M di Zahra, Cordova, ibukota kerajaan Islam Andalusia (Spanyol). Dia meninggal pada tahun 1013 Masehi.
Jasa-Jasa Abu Qasim az-Zahrawi
Az-Zahrawi telah menemukan puluhan alat bedah modern. Dalam kitab at-Tasrif’ ‘bapak ilmu bedah’ itu memperkenalkan lebih dari 200 alat bedah yang dimilikinya.Dua puluh enam dianntaranya adalah hasil ciptaannya. Dia juga merupakan ilmuwan yang pertama kali menggunakan gigi emas, perak,dan alat-alat penekan lidah lainnya.

Dia juga merupakan orang yang pertama kali menggunakan benang buatan dari usus binatang (catgut) untuk menjahit usus manusia yang sakit. Az-Zahrawi juga adalah orang yang pertama kali melakukan bedah dengan cara posisi terbalik yang oleh orang barat disebut trendelenburg position. Posisi ini diperlukan untuk menyuplai darah ke otak. Az-Zahrawi berhasil mengobati gangguan pada gusi dan memperbaiki gigi dengan alat-alat operasi yang ditemukannya sendiri.

Manfaat Penemuan Abu Qasim az-Zahrawi
Menurut catatan, selama Az-Zahrawi telah menemukan 26 peralatan bedah. Salah satunya alat yang digunakan untuk menjahit bagian dalam yang digunakan ilmu bedah modern. Selain itu, dia juga menemukan forceps untuk mengangkat janin yang meninggal.

Pesan
Menurut Az-Zahrawi, seorang dokter yang baik haruslah melayani pasiennya sebaik mungkin tanpa membedakan status sosialnya. Az-Zahrawipun selalu mengingatkan agar para dokter berpegang pada norma dan kode etik dokternya, yakni tak menggunakan profesi dokter hanya untuk meraup keuntungan materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar