♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 07 Maret 2015

Abul Wafa Muhammad al-Buzjani (940-998)

Biografi Abul Wafa Muhammad al-Buzjani
Abul Wafa terkenal sebagai ahli matematika dalam bidang trigonometri dan geometri. Selain jago dibidang matematika, ia pun terkenal sebagai insinyur dan astronom pada zamannya.
Nama lengkapnya adalah Abul Wafa Muhammad Ibn Muhammad
ibn Yahya ibn Ismail Buzjani. Dia lahir di Buzjan, Nishapur, di kawasan Persia, tpatnya pada tahun 940 dan meninggal pada tahun 998 M.
Jasa-Jasa Abul Wafa Muhammad al-Buzjani
Abul Wafa terkenal sebagai ahli matematika dalam bidang trigonometri dan geometri. Ilmu trigonometri versi Abul Wafa kini diakui sangat besar kemanfaatnya. Abul Wafa mengenalkan istilah sinus, cisinus, dan targent dalam ilmu matematika.

Dia adalah orang yang pertama kali menunjukan adanya teori segitiga parabola. Abu Wafa menulis kitab Al-Kamkil (Buku Lengkap) yang membahas tentang ilmu hitung (aritmatika) praktis.

Ia juga ahli dalam bidang ilmu astronomi dan dia orang yang pertama membangun observatorium. Dan Abul Wafa juga tercatat sebagai salah satu dari penerjemah arab dan komentator karya-karya Yunani.

Manfaat Penemuan Abul Wafa Muhammad al-Buzjani
Observatorium yang dibangun pertama kali oleh Abul Wafa menginspirasi ahli-ahli astronomi untuk membuat observatorium yang lebih cangkir dan dilengkapi peralatan yang modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar