♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 29 Maret 2015

Marie Curie (1867-1934)

Biografi Marie Curie
Nama aslinya adalah Maria Sklodowska. Dia lahir di Warsawa, Polandia, pada tanggal 7 November 1867. Dia adalah Wanita pertama peraih Nobel fisika dan kimia. Dia merupakan anak bungsu dari pasangan guru terkenal bernama Broniswala dan Wladyslaw Sklodowski.
Pada tahun 1903, Marie Curie dan suaminya Pierre Curie memperoleh Hadiah Nobel untuk bidang Fisika. Dan Pada 1911, Marie Curie mendapatkannya lagi untuk bidang Kimia. Ini membuatnya orang pertama yang mendapat hadiah Nobel dua kali.

Marie Curie meninggal dunia pada tahun 1934, karena terkena leukemia. Besar kemungkinan akibat berulang kali berhadapan dengan benda-benda yang engandung radioaktif.

Jasa-Jasa Marie Curie
Pada tahun 1898, Pierre Curie, suami Marie Curie telah menyaksikan segala upaya yang dilakukan istrinya, memutuskan untuk membantu penelitiannya. Pada tanggal 6 Juni 1898, mereka berhasil menemukan sebuah unsur yang kemudian diberi nama “Polonium”, sebagai penghargaan terhadap negara asal Marie Curie, Polandia. Namun, bukti-bukti menunjukkan bahwa masih ada unsur lain yang tersembunyi, unsur yang belum ditemukan itu mereka sebut sebagai radium.

Manfaat Penemuan Marie Curie
Radium yang ditemukan oleh Marie Curie digunakan dalam memproduksi cat yang menyala dengan sendirinya. Dalam dunia kedokteran, Radium digunakan untuk terapi penyakit kanker dan penyakit-penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar