♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Jumat, 06 Maret 2015

An-Nadim (Meninggal 995 M)

Biografi An-Nadim
Ia  bernama lengkap Abu’l-Faraj Muhammad bin Ishaq an-Nadim. Ia diperkirakan meninggal pada tanggal 17 September 995 atau 998 M. Ia dikenal sebagai ahli pembuat bibliografi. Ia berasal dari baghdad, Irak. Ayahnya al-Warraq juga seorang pelajar dan ahli bibliografi.
An-Nadim juga dikenal sebagai penjual buku, seorang pembuat kaligrafi untuk dijual kepada orang lain. An-Nadim juga dikenal sebagai orang yang sangat antusias dan tertarik terhadap berbagai macam ilmu pengetahuan. Selain mendalami bibliografi, an-Nadim juga mendalami ilmu sejarah yang menjadikannya sebagai sejarawan yang terkenal pada masanya.

Jasa-Jasa An-Nadim
An-Nadim adalah pengarang bibliografi yang berjudul Al-Fihrist. Bibliografi adalah publikasi yang memuat daftar dokumen yang diterbitkan dalam bentuk buku ataupun artikel majalah atau yang sumber yang kepustakaan lain yang berhubungan dalam bidang ilmu pengetahuan, atau hasil karya seseorang. Al-Fihrist pertama kali dipublikasikan pada 938 M. Buku Al-Fihrist ini menguraikan ilmu-ilmu non agama, seperti ilmu matematika, astronomi, pengobatan, bahasa, sastra, filsafat, sejarah, maupun biografi. Dalam karyanya tersebut, an-Nadim tidak lupa menguraikan kisah para ahli dibidang ilmu-ilmu tersebut.

Manfaat Penemuan An-Nadim
Kitab Al-Fihrist telah memberikan sumbangan yang besar bagi dunia untuk memahami islam melalui kajian terhadap karya-karya yang dicapai umat islam di era keemasan. Melalui karya tersebut an-Nadim tidak saja mengenalkan karya-karya yang pencapaian umat islam pada suatu masa tertentu, akan tetapi juga telah menunjukkan cara lain dalam memahami islam. Hingga akhir abad ke-19 M, pengetahuan tentang peradaban islam diperoleh berdasarkan informasi yang terdapat dalam kitab Al-Fihrist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar