♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Selasa, 03 Maret 2015

Ad-Dinawari (828-896 M)

Biografi Ad-Dinawari
Ad-Dinawari dikenal sebagai ahli Botani Muslim. Selain sebagai ahli botani, dia juga menguasai berbagai disiplin ilmu, seperti pertanian, geografi, astronomi, matematika, metalurgi, dan sejarah.

Nama aslinya adalah Abu Hanifah Ahmad Ibnu Dawud Dinawari. Ia lahir di kota Dinawar, Iran pada tahun 828 M dan meninggal pada tahun 896 di kota yang sama.



Jasa-Jasa Ad-Dinawari
Ad-Dinawari dikenal sebagai salah satu pelopor botani. Botani merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tumbuhan. Karya terbesarnya adalah kitab an-Nabat atau sekarang dikenal dengan nama Book of Plants. Buku tersebut adalah buku yang paling lengkap tentang tanaman. Buku itu berisi penjelasan mengenai berbagai jenis tanah,karakteristik, kualitas, sifat, serta tanah mana yang baik untuk ditanami. Didalamnya juga dibahas sekitar 637 jenis tanaman.

Dalam bidang sejarah, dia menulis buku berjudul kitab al-Akhbar at Tiwal (Book of Long Narratives). Buku ini mengisahkan tentang jejak kehidupan manusia mulai dari pra sejarah hingga zaman ad-Dinawari.

Dalam bidang astronomi, ia dikenal sebagai seorang astronom hebat yang menemukan Galaksi Andromeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar