♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Selasa, 03 Maret 2015

Tsabit bin Qurrah (826-901)

Biografi Tsabit bin Qurrah
Tsabit bin Qurrah dikenal dikenal sebagai seorang astronomer, ahli matematika, dan filsuf. Ia dikenal sebagai penyempurna karya-karya al-Khawarizmi.

Nama lengkapnya adalah Abu’l Hasan Tsabit bin Qurra’ bin Marwan al-Sabi al-Harrani (826-18 Februari 901). Di Eropa dia dikenal dengan nama Thebit

Tsabit lahir pada tahun 833 M dikota Harran, Turki. Tsabit adalah teman Muhammad Ibn Musa ibn Shakir saat menempuh pendidikan di Darul Hikmah, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan oleh Khalifah Ma’mum ar-Rasyid. Ia meninggal pada tahun 911 M.

Jasa-Jasa Tsabit bin Qurrah
Tsabit adalah seorang ilmuwan yang hebat. Beliau telah menulis sebanyak 150 buku dalam berbagai disiplin ilmu. Beliau juga dapat menerjemahkan buku-buku matematika, dan astronomi dari bahasa latin kedalam bahasa Arab.

Dalam bidang matematika, ia mengemukakan konsep bilangan irasional. Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dua bilangan bulat. Ia juga telah mampu memecahkan banyak persoalan matematika, khususnya persamaan pangkat tiga. Para ilmuwan kagum dengan kecerdasan Tsabit bin Qurrah.

Selain pakar dalam matematika, ia juga seorang ahli astronomi. Tsabit pernah menjadi ilmuwan di PUSAT PENELITIAN ASTRONOMI di Baghdad, Irak. Tsabit bin Qurrah meneliti gerakan sejumlah bintang yang memengaruhi terjadinya siklus gelombang bumi setiap 26 tahun. Perhitungan ini disebut HISAABUL I’TIDAIN.

Beliau pernah mengemukakan teori tentang hubungan revolusi bumi dengan musim bunga dan musim gugur. Tsabit juga pernah berhasil mengukur luas bumi dengan garis bujur dan garis lintang secara teliti. Ini memberikan kontribusi yang sangat besar pada bidang pelayaran di masa itu.

Pesan
Rehatnya tubuh ada dalam sedikitnya makanan, rehatnya hati ada didalam sedikitnya perilaku dosa, dan rehatnya lisan ada didalam sedikitnya bicara. Dosa itu ibarat racun bagi hati. Jika tidak merusaknya, pasti racun itu melemahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar