♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Selasa, 03 Maret 2015

Al-Jahiz (meninggal tahun 869)

Biografi Al-Jahiz
A-Jahiz adakah ahli biologi muslim yang pertama kali mengembangkan sebuah teori evolusi dan pencetus teori rantai makanan. Ia bernama lengkap Abu Amr Usman bin Bahr al-Kinani al-Fuqaini al-Bashri. Orang-orang yang lebih mengenalnya dengan nama al-Jahiz. Ia dilahirkan pada 781 M dan meninggal 869 M. Nenek moyangnya keturunan Arab Negro dari Timur Afrika.



Jasa-Jasa Al-Jahiz
Al-Jahiz sebagai ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori berjuang untuk tetap hidup atau struggle for existence. Teori ini sama seperti pemikiran teori Evolusi Darwin. Menurut al-Jahiz, makhluk hidup harus berjuang untuk dapat bertahan hidup.Al-Jahiz berpendapat bahwa lingkungan dapat menentukan karakteristik penghuni sebuah komunitas tertentu. Menurutnya juga, asal muasal beragamnya warna kulit manusia terjadi akibat hasil dari lingkungan tempat mereka tinggal. Meskipun teori ini masih banyak diperdebatkan.

Ia menulis kitab al-Hayawan adalah sebuah ensiklopedia yang berisi gambaran lebih dari 350 jenis binatang. Kitab ini dianggap sebagai karya paling penting al-Jahiz.

Al-Jahiz sudah mampu menjelaskan metode untuk memperoleh ammonia dari kotoran binatang melalui penyulingan, sejak abad 9 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar