♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 08 Maret 2015

Al-Biruni (973-1048 M)

Biografi Al-Biruni
Al-Biruni adalah salah satu seorang ilmuan yang sangat hebat sepanjang zaman. Al-Biruni dijuluki ilmuan Muslim serba bisa adad ke-10 M. Ia telah menulis banyak karya dalam bidang kedokteran, geografi, serta geografi.
Nama lengkapnya adalah Abu Rayhan Muhammed Ibnu Ahmad al-Biruni. Dia lahir pada tahun 973 di Kota Kath-Khwarizm (Uzbekistan) dan meninggal pada tahun 1048 M di kota Ghazni.


Jasa-Jasa Al-Biruni
Jasa al-Biruni dalam bidang astronomi sangat banyak. Al-Biruni tercatat sebagai astronom yang melakukan percobaan yang berhubungan dengan fenomena astronomi. Al-Biruni juga menegaskan bahwa bumi itu berbentuk bulat.

Pada 1031 M, dia merampungkan ensiklopedia astronomi yang sangat panjang, berjudul Al-Qanun as-Mas’udi.

Dia juga ilmuwan yang pertama kali membedakan istilah astronomi dan astrologi. Hal itu dilakukannya pada abad 11 M. Dia juga menghasilkan beberapa karya yang penting yaitu buku berjudul “The Elements of Astrology”.
Al-Biruni juga menghasilkan sejumlah sumbangan bagi pengembangan ilmu Bumi. Atas perannya itu dia nobatkan sebagai ‘Bapak Geodesi’. Al-Biruni juga sebagai sarja Muslim pertama yang mengkaji dan mempelajari tentang seluk beluk India. Dia sangat intens mem.pelajari bahasa, teks, sejarah dan kebudayaan India

Manfaat Penemuan Al-Biruni
Sebagai ilmuwan besar, Al-Biruni banyak menuliskan penemuan-penemuannya. Ia telah menulis lebih 200 buku tentang hasil pengamatan dan eksperimennya.

Pesan
Menurut catatan sejarah, ia akan pernah diberi penghargaan berupa ribuan mata uang perak yang dibawa 3 ekor unta oleh Sultan yang berkuasa saat itu, namun ia menolak. Menurutnya, ia mengabdi karena ilmu pengetahuan karena ilmu pengetahuan itu sendiri, bukan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar