♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 08 Maret 2015

Ibnu Sina (980-1037)

Biografi Ibnu Sina
Ibnu Sina adalah seorang tokoh Islam pada abad 10 yang terkenal dengan ilmu medis dan kedokterannya. Ibnu Sina yang mempunyai nama asli Abu Ali al-Husyain Ibn Abdullah Ibn Sina. Ibnu Sina lahir pada tahun 980 M di Afsyanah, sebuah kota kecil di wilayah Uzbekistan saat ini. Dia terkenal sebagai peletak dasar ilmu kedokteran modern. Dia meninggal dunia pada tahun 1037 dan dimakamkan di Hamedan.



Jasa-Jasa Ibnu Sina
Karya-karya Ibnu Sina yang terdiri dari 450 artikel, menyebar hingga belahan bumi Barat, sumbangan besarnya pada ilmu pengetahuan, terutama kedokteran, diakui seluruh dunia. Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai Qanun.

Ibnu Sina telah banyak menemukan bahan obat baru, seperti Zanthoxyllum budrunga untuk mengobati radang selaput otak (meningits). Ibnu Sina juga merupakan orang pertama yang menemukan peredaran darah manusia, dimana 600 tahun kemudian disempurnakan oleh Wiliam Harvey. Dia pulalah yang pertama kali bahwa bayi selama masih dalam kandungan mengambil makananya lewat tali pusarnya.

Dia jugalah yang mula-mula mempraktekkan pembedahan penyakit-penyakit bengkak yang ganas dan menjahitnya. Dia juga terkenal sebagai dokter ahli jiwa dengan cara-cara modern kini disebut psikoterapi. Ia juga orang pertama kali mengatakan dan memisah-misahkan seluruh bagian dari mata, sehingga kita sekarang mengenal kornea, pupil, retina, lensa optic, dan setiap bagian dari mata.

Manfaat Penemuan Ibnu Sina  
Kitab The Canon dibuat oleh Ibnu Sina menjelaskan penyembuhan secara sistematis serta kontinu, dan ini dijadikan rujukan dunia kedokteran selama tujud abad lamanya. Selain itu, ada kitab as Sifa karyanya yang menjadi semacam eksiklopedia di dunia kedokteran.

Pesan
Ia tidak pernah bosan atau gelisah dalam membaca buku-buku filsafat. Setiap kali menghadapi kesulitan, ia memohon kepada Allah untuk diberi petunjuk, dan ternyata permohonannya itu tidak pernah dikecewakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar