♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Kamis, 12 Maret 2015

Ibnu Rusydi (1126-1198)

Biografi Ibnu Rusydi
Nama lengkapnya adalah Abul Ahmad Ibnu al-Walid Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Muhammad bin Rusyd. Dia lebih dikenal dengan Ibnu Rusydi. Ia dikenal oleh orang Barat dengan nama Averosy. Ia dilahirkan di Cordova pada tahun 1126, salah satu kota di pusat keilmuwan di Andalusia. 
Selain sebagai seorang ahli filsafat, ia juga dikenal sebagai seorang yang ahli dalam bidang kedokteran, sastra, logika, dan ilmu-ilmu pasti. Disamping itu, dia sangat menguasai pengetahuan keislaman, khususnya dalam Tafsir Alqur’an dan Hadist. Ibnu Rusydi pernaha menjadi dokter istana dan hakim agung. Ia meninggal pada 10 Desember 1198.
Jasa-Jasa Ibnu Rusydi
Ibnu Rusydi telah menulis 78 buku, buku-buku tersebut ada di perpustakaan Eskurbel, dekat Madrid. Al-Kulliyyat Fit-Thibb atau (Hal-Hal yang umum tentang Ilmu Pengobatan) merupakan buku pertama yang ditulisnya. Kitab tersebut sangat populer di Eropa dan diajarkan diberbagai Universitas.

Masyarakat Barat sebenarnya berhutang budi kepada Ibnu Rusydi karena pemikirannya telah mencetuskan revolusi di benua Eropa. Pemikirannya memungkinkan masyarakat disana keluar dari zaman kegelapan menuju era kemajuan industri yang pesat.

Hospital Des Quinze-Vingt yang merupakan rumah sakit pertama di Paris yang didirikan oleh raja Lois IX. Rumah sakit itu mencontoh model rumah sakit Sultan Nuruddin di Damsyik, yang kaidah pengobatannya merupakan hasil ide dan pemikiran Ibnu Rusydi.

Beberapa pandangan yang dikemukakan dalam bidang pengobatan juga pernah diungkapkan oleh Ibnu Rusydi. Ia pernah menyatakan bahwa demam campak hanya akan dialami satu kali saja dalam masa hidup seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar