♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 07 Maret 2015

Al-Mas’udi (Meninggal 956 M)

Biografi Al-Mas’udi
Al-Mas’udi adalah sejarawan dan ahli geografi terkemuka. Sebagai ahli sejarah, ia dijuluki “Herodotus kedua” karena pengetahuan sejarahnya disejajarkan dengan Herodotus-ahli sejarah Yunani. Ia juga dijuluki pilinius dari Arab, karena pengetahuan geografi yang dimilikinya.
Nama lengkapnya adalah Abu al-Hassan Ali bin Ali al-Mas’udi. Al-Mas’udi lahir di Baghdad pada akhir abad IX dan meninggal di Mesir pada tahun 956 M.



Jasa-Jasa Al-Mas’udi
Jasa al-Mas’udi dalam perintisan ilmu geografi sangat besar. Beliau menulis tentang pedoman untuk orang yang ingin mengelilingi dunia.buku itu juga sudah dilengkapi dengan cara penggunaan kompas. Al-Mas’udi peta dari perjalanan pelayaran mengelilingi dunia yang dilakukannya.

Kitab Muruj az-Zahab wa Ma’adin al-Jawahir (Padang Rumput Emas dan Tambang permata) adalah kitabnya yang terkenal. Kitab itu berisi ensiklopedia geografi. Karya besarnya itu merupakan bagian penting dari sejarah dunia. Dalam kitab itu dijelaskan bagaimana terjadinya gempa bumi dan keadaan alam seta sejarah negeri-negeri yang pernah dikunjunginya.

Al-Mas’udi juga seorang musisi. Ia menulis tentang musik , kumpulan musik, buku tentang alat musik, keindahan musik, serta riwayat hidup para pemusik yang terkenal pada zamannya.

Manfaat Penemuan Al-Mas’udi
Karya-karya al-Mas’udi dapat dipakai sebagai sumber bahan penyelidikan pengetahuan tentang geografi dan sejarah alam. Penerjemah buku al-Mas’udi kedalam bahasa Prancis memberi pengaruh besar bagi para ilmuwan Eropa.

Pesan
Pengaruh al-Mas’udi hingga kini tak pernah mati. Penelitian dan pandangan-pandnagan yang mampu memberi pengaruh secara luas dalam ilmu penulisan sejarah (historiografi) dan ilmu bumi dibeberapa negara. Meski jasadnya telah terkubur 11 abad silam, lewat karya-karyanya yang legendaris, nama besar al-Mas’udi tak hilang ditelan zaman.

1 komentar: