♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 07 Maret 2015

Ibnu Sahl (940-1000 M)

Biografi Ibnu Sahl
Ibnu Sahl adalah fisikawan termasyhur dizamannya. Iga menguasai tiga ilmu penting dizamannya, yakni optik, matematika, dan geometri. Nama aslinya Abu Sa’da al-Ala ibnu Sahl. Ia lahir pada 940 M dan meninggal ditahun 1000. Ia adalah ilmuwan yang mengabadikan dirinya diistina Khalifah Abbasiyah Baghdad.





Jasa-Jasa Ibnu Sahl
Hukum pembiasaan cahaya itu dituangkan Ibnu Sahl dalam risalah yang ditulisnya pada tahun 984 M. Risalah itu diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul On Burning Mirrors and Lenses. Dalam risalah ilmu fisika yang sangat penting itu, Ibnu Sahl menjelaskan secara rinci dan jelas tentang cermin dan lensa parabola, serta titik fokus.

Secara matematis, hukum pembiasan yang dicetuskan Ibnu Sahl setara dengan hukum Snellus. Ibnu Sahl menggunakan hukum pembiasan cahayanya untuk memperhitungkan bentuk-bentuk lensa dan cermin yang titik fokus cahayanya berada disebuah titik poros. Sekitar 600 tahun kemudian, Snellus juga mengungkapkan hal yang sama.

Manfaat Penemuan Ibnu Sahl
Hukum pembiasaan adalah salah satu teori dalam ilmu fisika yang dapat digunakan untuk mempelajari fenomina-fenomina alam, seperti pelangi, spekrum cahaya, mengapa kita melihat bayangan pada cermin atau lensa, dan mengapa pensil yang dimasukkan kedalam segelas air terlihat seperti patah.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar