♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 14 Maret 2015

Ibnu Khaldun (1332-1406)

Biografi Ibnu Khaldun
Nama lengkapnya adalah Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan yang kemudian terkenal dengan nama Ibnu Khaldun. Ia merupakan keturunan dari sahabat Rasulullah Saw , yang bernama Wail bin Hujr dari kabilah Kindah. Pemikiran-pemikirannya yang cemerlang memberikan pengaruh besar bagi cendikiawan-cendekiawan Barat dan Timur.
Ibnu Khaldun lahir di Tunisia pada tanggal 27 Mei 1332. Ia dikenal sebagai sejarawan, ekonom, dan bapak sosiologi Islam yang hafal Al-Qur’an sejak usia dini. Ia dikenal sebagai ahli politik dan merupakan bapak Ekonomi Islam. Bahkan, ketika memasuki usia remaja,tulisan-tulisannya sudah menyebar kemana-mana. Dia meninggal dunia pada tanggal 19 Maret 1406.

Jasa-Jasa Ibnu Khaldun
Ibnu Khaldun adalah seorang intelektual terkemuka dan cerdas yang telah membuat-teori tentang ekonomi. Dia mempelajari ekonomi, ilmu politik, dan berbagai ilmu lainnya untuk memahami perilaku manusia dan sejarah. Mengenai keahlian suatu pekerjaan, dia mengatakan, “Setiap jenis kerajinan tertentu harus dihasilkan oleh orang-orang yang mahir dan terampil dalam membuat kerajinan tersebut.

Dalam bidang ekonomi, Ibnu Khaldun mengatakan sebaiknya negara atau pemerintah tidak menerapkan pajak yang tinggi terhadap masyarakatnya, supaya mereka giat bekerja. Demikianlah salah satu sumbangan penting Ibnu Khaldun dalam bidang ekonomi.

Pesan
Ibnu Khaldun menjunjung tinggi pengetahuan dan tidak meremehkan sejarah. Ia adalah seorang peneliti yang tak kenal lelah mencari ilmu dan pengetahuan yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar