♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Sabtu, 14 Maret 2015

Ibnu Nafis (1210-1288)

Biografi Ibnu Nafis
Ibnu Nafis memiliki nama lengkap ‘Alauddin Abu Hassan Ali Ibnu Abi al-Hazm al-Qurasi. Dia merupakan orang pertama yang menggambarkan peredaran dalah pada dalam tubuh (pada 1242). Ia merupakan orang pertama yang diketahui membuat gambaran tentang paru-paru manusia.
Dia lahir di Damaskus (kini wilayah Suriah) tahun 1210 dan meninggal di Kairo (Mesir), pada tanggal 17 Desember 1288 saat berusia 78 tahun.

Jasa-Jasa Ibnu Nafis
Dialah orang pertama yang secara akurat menjelaskan peredaran darah dalam tubuh manusia. Tak heran, jika Ibnu Nafis dikenal sebagi bapak fisiologi sirkulasi.

Ia juga dikenal sebagi dokter pertama yang pernah melakukan pembedahan terhadap manusia. Sejarah juga mencatat an-Nafis sebagai dokter pertama yang menjelaskan konsep metabolisme dalam tubuh manusia.

Manfaat Ibnu Nafis
Sistem peredaran atau sistem transportasi darah adalh sistem yang memiliki fungsi menjaga tubuh dari penyakit, menyebarkan sari-sari makanan dan oksigen keseluruh tubuh. Sistem peredaran darah terdiri atas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening (limfatik), dan kelenjar limfe. Dengan penemuan Ibnu Nafis, manusia terdorong untuk mempelajari komposisi darah, penggolongan darah, tekanan darah, alat-alat peredaran darah, dan gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar