♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Minggu, 29 Maret 2015

Rudolf Diesel (1858-1913)

Biografi Rudolf Diesel
Nama lengkapnya adalah Rudolf Christian Karl Diesel. Rudolf Diesel adalah sarjana mesin dari Jerman dan merupakan penemu dari Mesin Diesel. Ia lahir di Paris, Perancis, pada tanggal 18 Maret 1858, meninggal pada tanggal 30 September 1913, di umur 55 tahun. Ia meninggal karena terjatuh dan tenggelam di selat Inggris.





Jasa-Jasa Rudolf Diesel
Rudolf Diesel mengadakan penelitian untuk menemukan cara agar penggunaan bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tau bahwa mesin-mesin uap yang ada pada zamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang kompresi, diruang itu bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas. Mesin inilah yang kita kenal sekarang dengan sebutan mesin diesel.

Impian Rudolf Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi tercapai karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai sekarang adalah minayak dari hasil penyaringan bensin.

Manfaat Penemuan Rudolf Diesel
Mesin diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang kaku dan kokoh sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang. Namun mesin diesel banyak digunakan oleh pabrik kapal laut, kapal selam, lokomotif, dan mobil modern.Mesin diesel mempunyai keuntungan karena kebih irit bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar