♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Kamis, 23 April 2015

Abdus Salam (1926-1996)

Biografi Abdus Salam
Abdus Salam merupakan saintis terbesar dan ilmuwan Pakistan pertama yang mendapatkan hadiah Nobel paling bergengsi di bidang fisika atom. Dia lahir di Pakistan pada tanggal 29 Januari 1926. Abdus Salam meninggal pada tanggal 21 November 1996, diusia 70 tahun di Oxford, Inggris.
Abdus Salam adalah peerima gelar Doktor Sains Honoris Causa dari 39 universitas/lembaga ilmiah dari seluruh dunia. Abdus Salam juga merupakan salah satu anggota dari Komisi Energi Atom Pakistan, anggota Komisi Ilmiah Pakistan, dan merupakan penasehat Ilmiah utama Presiden pada tahun 1961-1974.

Jasa-Jasa Abdus Salam
Abdus Salam menemukan hubungan antara lima gaya dasar di alam. Gaya dasar dialam ini yaitu gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya kuat yang menahan atom suatu benda, serta gaya lemah. Selama berabad-abad kelima gaya itu dipahami secara terpisah.

Manfaat Penemuan Abdus Salam
Teori yang ditemukan oleh Abdus Salam itu dibuktikan kebenarannya oleh Carlo Rubia, direktur CERN (Cetre Europeen de Recherche Nucleaire) di Jeneva, Swiss. Ternyata, rintisan Abdus Salam kemudian mengilhami fisikawan lain untuk menjelaskan rahasia penciptaan alam semesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar