♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Selasa, 17 Maret 2015

Johannes Kepler (1571-1630)

Biografi Johannes Kepler
Johannes Kepler adalah penemu hukum pergerakan planet-planet yang mengelilingi matahari. Ia lahir pada tanggal 27 Desember 1571 di kota Weil der Stadt, Swabia, di bagian barat daya Jerman. Kakek Johannes Kepler dari pihak ayah bernama Sebald Kepler, seorang pengrajin kenamaan yang juga menjabat sebagai walikota Well der Sebald. 
Kakek dari pihak ibu bernama Melchior Guldenmann, juga seorang walikota di Eltingen. Ayah Kepler bernama Heincrich Kepler. Dia adalah seorang prajurit yang tangguh. Sejak 1574 sampai 1576, Johannes Kepler tinggal bersama kakek neneknya di Weil der Stadt. Pada tahun 1576, orang tuanya pindah ke suatu tempat dekat Leonberb, dan disana Kepler mulai bersekolah.

Jasa-Jasa Johannes Kepler
Buku besarnya yang berjudul Astromia Nova yang diterbitkan pada tahun 1609. Buku ini berisi hukum pergerakan planet-planet yang mengelilingi matahari. Johannes Kepler adalah penemu konsep hukum pergerakan planet-planet. Dia terkenal yang hukum gerakan planetnya. Dia mengatakan bahwa planet-planet bergerak pada orbit atau lintasan yang berbentuk elips.

Manfaat Penemuan Johannes Kepler
Hukum Kepler, yang memberikan gambaran tentang gerak planet-planet mengitari matahari berhasil memecahkan masalah utama bidang astromi. Bahkan orang-orang jenius seperti Copernisus dan Galileo Galilei belum pernah memikirkannya. Hukum Kepler menginspirasi penelitian Newton dalam bidang astronomi.

Pesan

Johannes Kepler, meki perawakannya kecil, memiliki kecerdasan yang memukau dan juga kepribadian yang gigih. Johannes Kepler pernah menulis “... Buku telah ku tulis! Telah kupersembahkan suatu anugerah kesenangan yang suci. Dia akan dibaca baik oleh sezamanku atau generasi sesudahku. Aku peduli. Bisa jadi buku itu harus menunggu 100 untuk menjumpai seorang pembaca, seperti halnya tuhan menunggu 6000 tahun seseorang yang bisa memaham kebesaran karyanya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar