♥ Welcome to my Blog:) Happy reading guys... Be always positive~♥

Senin, 02 Maret 2015

Abbas Ibnu Firnas (810-888 M)

Biografi Abbas Ibnu Firnas
Abbas Ibn Firnas adalah salah satu orang yang pertama yang mencoba untuk terbang. Nama asli Abbas Ibn Firnas adalah Abbas Qasim Ibnu Firnas. Orang-orang Eropa yang mengenalnya dengan nama Armen Firman.
Ia dilahirkan pada tahun 810 M di Rhonda, Spanyol pada saat pemerintahan Khalifah Umayyah di Andalusia (Spanyol). Abbas Ibnu Firnas meninggal pada tahun 888 M. Ia meninggal karena cedera punggung akibat kegagalan melakukan uji coba pesawat layangnya.




Jasa-Jasa Abbas Ibnu Firnas
Abbas Ibnu Firnas berpikir “Kalau burung bisa terbang, pasti manusia bisa membuat alat agar bisa terbang juga.” Abbas bersungguh-sungguh memperhatikan burung-burung yang sedang terbang. Ia menyimpulkan burung bisa terbang karena punya sayap.

Pada tahun 852, Abbas membuat pengumuman yang menghebohkan warga Cordoba. Ia akan ‘terbang’ dari menara Masjid Mezquita, dengan menggunakan ‘sayap’ yang dipasangkan ditubuhnya. Selain sayap, burung juga memiliki ekor, sehingga burung bisa memperlambat kecepatannya ketika mendarat dengan memanfaatkan ekornya.

Manfaat Penemuan Abbas Ibnu Firnas


Berkat penemuan Abbas Ibnu Firnas, orang-orang menjadi tahu bahwa manusia bisa terbang dengan menggunakan sayap. Sayap seperti yang ditemukan oleh Abbas itu sekarang disebut sebagai hang glider. Dikemudian hari, penemu-penemu berikutnya menambahkan mesin dan baling-baling, sehingga menjadi pesawat seperti yang sering kita lihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar